Pesta Sepak Bola Dunia
Oct201314

WORLD CUP 2014! 
By: Lody Supit
Dari berbagai macam olahraga di muka bumi, saya memilih sepak bola sebagai olahraga favorit. Enaknya, dalam memilih olahraga favorit, Anda tak perlu ahli dalam memainkannya. Cukup dengan menikmati berbagai pertandingan dan mengikuti berbagai berita tentang sepak bola rasanya cukup menyandang gelar fans sepak bola.

Menurut sejarah, sepak bola sudah dimainkan berabad-abad yang lalu oleh berbagai kebudayaan. Namun di kurun waktu 1800-an, Inggris lah yang pertama kali membentuk cikal bakal dari sepak bola profesional yang kita kenal saat ini.

Di tahun 1928 ada sebuah gagasan untuk mengadakan perhelatan sepak bola antar negara. Gagasan itu datang dari Jules Rimet yang adalah Presiden FIFA saat itu. Di tahun 1930, turnamen yang dikenal sebagai Piala Dunia atau World Cup pertama kali akhirnya digelar di Uruguay dengan hanya diikuti oleh 13 negara. Tuan rumah Uruguay menjadi juara Piala Dunia pertama.

Piala dunia berlangsung dengan siklus 4 tahun untuk setiap penyelenggaraannya. Tahun 2014, World Cup akan diadakan di negara yang terkenal dengan tarian Samba, Brazil. Negara Brazil adalah salah satu surga bakat sepak bola terbaik yang ada di Amerika Selatan. Coba tilik klub-klub hebat yang merajai liga, pasti ada pemain Brazil disana. Legenda Brazil yang paling tekenal adalah Pele yang disebu-sebut sebagai pemain terbaik sepanjang masa. Masih ada nama-nama seperti Zico, Socrates, Ronaldo, Ronaldiho, dan masih segudang nama yang bisa kita sebut. Fakta yang juga menarik adalah Brazil merupakan negara dengan torehan prestasi paling mentereng di Piala Dunia yaitu juara 5 kali.

Piala Dunia 2014 akan diikuti oleh 32 negara dari 5 benua. Ini adalah pertama kali Piala Dunia diadakan di tanah Amerika Selatan sejak Piala Dunia 1978 di Argentina. Dengan majunya teknologi dalam dunia sepak bola dan betapa sepak bola sudah menjadi bisnis milyaran dolar adalah hal-hal yang menambah daya pikat Piala Dunia. Inilah saat yang ditunggu-tunggu para penikmat sepak bola di penjuru dunia dimana mereka akan menyaksikan bakat-bakat terbaik sepak bola bertarung untuk mendapatkan gelar tertinggi. q Jalan-jalan dan stadion-stadion megah di Brazil akan dipenuhi fans sepak bola dari penjuru bumi dan mereka datang dengan satu tujuan; Pesta Sepak Bola.

Leave a Comment