Kenalkan Petualangan Pada Keluarga
Oct201314

By: Lody Supit
Liburan adalah waktu yang paling ditunggu oleh seluruh keluarga. Mendengar kata “Liburan”, Anda mungkin sudah bermain pantai yang indah dengan debur ombak yang menyapu pasir diiringi angin yang membawa udara basah lalu malam hari bersantap sambil rileks di hotel tempat Anda menginap. Bila ini sudah Anda lakukan berulang-ulang, Anda dan keluarga Anda layak mendapatkan satu pengalaman yang sama sekali baru. Bagaimana dengan Liburan Outdoor? Tunggu. Jangan bergidik dulu. Liburan outdoor bukan hal yang menakutkan kok. Justru ini adalah kesempatan Anda untuk mengenalkan alam kepada keluarga Anda, terutama buah hati Anda.

Mempersiapkan liburan outdoor tidak jauh berbeda dengan mempersiapkan liburan biasa. Anda hanya perlu lebih teliti dalam membuat perencanaan. Liburan outdoor bisa jadi dalam bentuk camping di alam terbuka atau melakukan kegiatan outdoor yang bisa dinikmati oleh seluruh keluarga, misalnya hiking menuju puncak gunung. Hal pertama yang perlu Anda pastikan adalah lokasi liburan outdoor. Pilih tempat liburan yang memang sudah sering dikunjungi orang dan memungkinkan untuk membawa keluarga. Ini berarti, keadaan lingkungan yang cukup aman dan bersahabat.  Lakukan riset di internet untuk waktu yang tepat mengunjungi lokasi tersebut dan apa-apa saja yang menjadi daya tarik wisata dan apa tantangannya. Setelah riset, Anda harus komunikasikan hal ini kepada seluruh anggota. Anda harus mulai membangun semangat dan rasa ingin tahu keluarga agar menjadi hal yang menyenangkan.

Hal umum lainnya yang perlu diperhatikan adalah berkemas atau packing. Anda perlu cermat dalam hal ini karena bila Anda melupakan sesuatu, senter misalnya, Anda mungkin akan menghabiskan banyak waktu mencari dalam kegelapan. Buat daftar untuk semua barang pribadi dan perlengkapan yang harus dibawa. Ingat, Anda akan melakukan petualangan. Ada baiknya Anda membawa sepatu olahraga dan meninggalkan sepatu kulit. Mungkin tas punggung atau carrier akan lebih praktis dibawa daripada koper beroda Anda. Intinya sesuaikan bawaan Anda dengan kebutuhan di lokasi.

Liburan outdoor merupakan liburan alternatif yang menarik Anda dari zona nyam an namun bisa memberikan kenangan indah dan tak terlupakan. Jangan kaget bila si kecil ketagihan dan meminta kembali liburan outdoor di waktu libur selanjutnya.

Leave a Comment