Kondisi tulang punggung yang baik bisa mendukung aktivitas sehari-hari secara optimal.
Keluhan tersering yang membawa pasien untuk ke dokter adalah Nyeri Punggung Bawah (NPB) atau Low Back Pain (LBP). Keluhan ini dapat dijumpai pada siapa saja, terutama pada anda yang berada di usia 35–55 tahun. Beberapa kasus berkaitan dengan kelaian di sistem musculoskeletal (otot, tulang, ligament, dan sendi).

Keluhan ini dapat timbul tiba-tiba atau perlahan, tetapi umumnya disebabkan karena ada trauma tulang punggung bagian bawah.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga dan mencegah bagian tubuh tersebut dari keluhan rasa tidak nyaman :

1. Sebaiknya saat anda akan mengangkat barang, terutama yang bobotnya berat, posisikan tubuh anda tetap lurus tidak membungkuk dan tekukan kaki anda barulah mengambil barang tersebut.
Posisi ini dilakukan juga apabila ada akan meletakkan kembali barang tersebut.
2. Ketika anda bekerja didepan komputer atau notebook dan duduk dalam waktu yang lama, sebaiknya atur jarak nyaman dengan computer atau notebook tersebut. Usahakan untuk lebih sering mengubah posisi tubuh atau lakukanlah peregangan setiap beberapa waktu.
3. Berjalanlah tegak dengan punggung lurus dan mata menghadap ke depan. Gunakan alas kaki yang nyaman dan hindari penggunaan sepatu berhak tinggi dalam waktu yang lama.
4. Saat berkendara dengan mobil, tegakkan posisi duduk anda. Atur jarak jok dengan kemudi sedekat mungkin tanpa mengurangi rasa nyaman. Ini dimaksudkan untuk mengurangi tekanan pada punggung saat anda menginjak pedal gas, rem dan kopling.
5. Anda juga dapat mengganjal punggung anda dengan bantal atau alat penyokong khusus untuk lebih memberi kenyamanan pada punggung anda.
6. Untuk menjaga kondisi tulang punggung anda, sebaiknya untuk tidur gunakanlah kasur yang cukup keras seperti kasur berbahan latex untuk meluruskan tulang punggung anda.
7. Untuk anda yang memiliki berat badan berlebihan, dianjurkan untuk menurunkan berat badan anda. Supaya mengurangi beban tulang punggung saat menyangga berat badan anda.
8. Lakukanlah olah raga seperti berenang, joging, jalan kaki, bersepeda ringan, yoga. Hindari olah raga sepak bola, basket, bela diri, memanjat, volley, dll.

Bila NPB/LBP menyerang, cobalah tips berikut ini untuk meringankan rasa sakitnya :
a. Minumlah obat anti nyeri.
b. Kompres air hangat atau gunakan bantal hangat elektrik, pada beberapa kasus ini dapat membantu.
c. Istirahat dan tidurlah pada alas yang keras (bahkan bisa sampai bedrest).
d. Latihan ringan dan fisioterapi sangat membantu.
e. Sebaiknya anda melakukan konsultasi ke salah satu dokter spesialis berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut apa penyebab utama dari keluhan anda dan therapy yang tepat:
- Dokter orthopaedi spesialis spine surgery.
- Dokter rehabilitasi medik dan kedokteran fisik
- Dokter spesialis saraf dan bedah saraf

sakit-punggung

by Yulthaviati
(Sumber : Harian Kompas, blog EP, dan berbagai sumber)